Breaking News

5 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Membiasakan Bangun Pagi

5 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Membiasakan Bangun Pagi

timesofummah.com – 5 Cara yang Bisa Dilakukan untuk Membiasakan Bangun Pagi. Bangun pagi memiliki banyak manfaat yang bisa didapatkan. Selain tubuh lebih segar, kamu juga bisa memanfaatkan waktu pagi untuk menikmati sinar matahari pagi yang dikenal baik untuk tubuh. Selain itu, dengan bangun pagi kamu memiliki lebih banyak waktu untuk melakukan hal-hal yang kamu sukai.

Bagi kamu yang memiliki jadwal kerja atau sekolah di pagi hari, bangun pagi adalah suatu keharusan untuk menghindari terlambat ke kantor/sekolah. Tentu kamu tidak mau harus terburu-buru melakukan sesuatu setiap hari karena bangun kesiangan atau waktunya mepet.

5 Cara Membiasakan Bangun Pagi

Membiasakan diri untuk bangun pagi tentu bukan hal yang mudah, apalagi jika kamu adalah tipe orang yang terbiasa bangun di siang hari. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk bangun di pagi hari.

Tidur lebih awal

Ini adalah langkah pertama dan paling efektif yang dapat kamu lakukan untuk bangun di pagi hari. Selain itu, tidur lebih awal juga membuat jadwal tidur menjadi lebih baik karena memiliki durasi tidur yang cukup. 7 hingga 9 jam adalah durasi tidur yang harus kamu lakukan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

Ada banyak cara agar kamu bisa tertidur lebih cepat. Hal pertama adalah jauhkan dari gadget karena cahaya biru yang dihasilkan memperlambat rasa kantuk yang datang. Maka jangan minum kafein 6 jam sebelum tidur, terutama bagi kamu yang tidak toleran terhadap kafein. kamu juga bisa melakukan hal-hal yang membuat tubuh rileks seperti membaca buku atau menambahkan aromaterapi di kamar kamu.

Jauhkan Alarm dari Tempat Tidur

Kebiasaan buruk kita yang langsung mematikan alarm atau menekan tombol snooze agar bisa kembali tidur ternyata berdampak buruk. Kebiasaan ini termasuk dalam sleep fragmentation atau gangguan waktu tidur yang terus menerus yang akan menyebabkan kelelahan di siang hari dan juga memudahkan kita untuk tertidur kembali saat beraktivitas.

Untuk menghindarinya kamu dapat menjauhkan alarm dari tempat tidur kamu sehingga kamu harus banyak bergerak atau berjalan kaki untuk mematikannya. Gerakan tubuh ini bisa membuat rasa kantuk hilang dan kamu langsung terbangun setelah mematikan alarm.

Jangan malas

Banyaklah beraktivitas di siang hari agar energi dalam tubuh benar-benar termanfaatkan. Hanya bermalas-malasan di tempat tidur atau bahkan tidur sepanjang hari hingga sore hari bisa membuat mata kamu terjaga di malam hari.

Olahraga secara rutin

Selain menyehatkan otot dan tulang pada tubuh, berolahraga juga dapat mengurangi insomnia yang kamu derita. Selain itu dengan berolahraga, tubuh akan mengeluarkan energi dan merasa lelah sehingga mudah untuk tidur lebih awal.

Makan makanan bergizi

Makanan bergizi secara tidak langsung juga membantu meningkatkan kualitas tidur kamu. Dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi maka tubuh akan lebih bertenaga dan siap untuk beraktivitas. Selain itu, beberapa nutrisi dalam makanan membantu kita untuk tidur lebih nyenyak. Sebaliknya, makanan tidak sehat atau junk food membuat kita lebih lesu dan cenderung malas.

Siap membiasakan bangun pagi? tentunya kamu bisa mulai menerapkan beberapa cara diatas. Semoga beruntung!

About Bernard Reyn

Check Also

Kale for Pregnant Women and These Benefits and Potential Risks

Kale for Pregnant Women and These Benefits and Potential Risks

timesofummah.com – Kale for Pregnant Women and These Benefits and Potential Risks. Kale is one …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *