Breaking News

6 Jenis Gaya Berenang dan Penjelasannya

6 Jenis Gaya Berenang dan Penjelasannya

timesofummah.com – 6 Jenis Gaya Berenang dan Penjelasannya. 6 macam gaya renang dan penjelasannya akan dibahas pada artikel ini. Salah satunya cocok digunakan untuk pemula

Untuk menerapkan berbagai gaya renang membutuhkan teknik yang tinggi dan perlu latihan yang ahlinya. Renang merupakan salah satu olahraga air yang menjadi salah satu kompetisi olahraga nasional dan internasional.

1. Gaya Berenang Anjing

Gaya renang ini memposisikan kepala di atas permukaan air. Teknik berenang ini cukup mudah bagi pemula karena bisa mengapung di atas air. Posisi tangan dan kaki harus bergerak seperti anjing berenang.

2. Gaya Renang Samping

Gaya renang ini menggunakan sisi tubuh, sedikit orang juga yang mengetahui gaya renang ini. Gaya renang ini juga jarang dilombakan di kompetisi nasional maupun internasional. Teknik gaya renang ini menggunakan sisi tubuh untuk aktivitas berenang dengan kaki digerakan lebar seperti gunting dan harus menguatkan otot kaki.

3. Gaya Berenang Kupu-kupu

Renang gaya kupu-kupu atau biasa disebut gaya lumba-lumba, gaya renang ini cukup sulit dibandingkan dengan gaya renang lainnya. Tangan dan kaki harus seirama dalam melakukan teknik gerakan untuk mengontrol kecepatan. Pada dasarnya gaya renang ini harus kuat yaitu lengan karena memfokuskan kekuatannya pada lengan, dengan gerakannya yang seperti lumba-lumba keluar masuk air, kaki yang hanya lurus rapat mengikuti gerakan tubuh.

4. Gaya Berenang Dada

Gaya renang ini adalah yang paling mudah dan kecepatannya juga lebih lambat daripada gaya bebas. Gaya dada ini terlihat seperti katak, karena menggunakan bagian dada yang menghadap ke permukaan air. Teknik gaya renang ini membutuhkan tangan dan kaki yang kuat untuk menggerakkan tubuh agar bisa melayang seperti katak.

5. Gaya Punggung

Gaya punggung ini harus memposisikan tubuh terlentang sejajar dengan permukaan air yang terlihat seperti sedang melayang. Gaya renang ini berbeda dengan gaya bebas karena wajah menghadap ke atas. Oleh karena itu, teknik pernapasannya lebih mudah dibandingkan dengan renang gaya bebas.

6. Renang Gaya Bebas

Gaya renang ini membutuhkan bagian tubuh kita seperti penggunaan tangan dan kaki untuk meluncur di air dengan cepat. Menggunakan tangan untuk mengayuh secara bergantian sedangkan kaki digerakkan dengan cara melambai atau bergerak naik turun secara bergantian.

Jangan lupa sesekali mengambil nafas dengan cara mengangkat tangan ke atas untuk mengayuh lalu menggelengkan kepala ke kanan atau ke kiri dan juga bernafas melalui hidung dan mulut, cara ini harus dilakukan dengan hati-hati agar air tidak masuk ke hidung dan mulut.

About Bernard Reyn

Check Also

Cara Mematikan Auto Update Windows 10 dengan mudah

Cara Mematikan Auto Update Windows 10 dengan mudah

timesofummah.com - Cara Mematikan Auto Update Windows 10 dengan mudah. Microsoft memaksa pengguna Windows 10 untuk secara otomatis memperbarui Windows tanpa menyediakan opsi agar mudah dinonaktifkan. Ini cukup merepotkan karena selain menghabiskan kuota internet, proses instalasi pembaruan terkadang membutuhkan waktu lama (saat mematikan laptop / komputer). Info teknologi mengkompilasi beberapa tips dan cara untuk mematikan [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.