Breaking News

Mengetahui Gejalanya dan Cara Mengobati Gigitan Kelabang

Mengetahui Gejalanya dan Cara Mengobati Gigitan Kelabang

timesofummah.com – Mengetahui Gejalanya dan Cara Mengobati Gigitan Kelabang. Meskipun umumnya gigitan kelabang tidak berbahaya, bagaimana mengobati gigitan kelabang perlu dikenal sebagai bentuk antisipasi serangan hewan. Ini karena kelabang gigitan atau kelabang dapat menyebabkan rasa sakit dan reaksi alergi.

Kelabang adalah hewan karnivora yang mampu menyengat dan menghilangkan racun dari mulut untuk melumpuhkan mangsanya. Hewan ini memiliki 15 pasang kaki dan ukuran tubuh yang bervariasi, yaitu sekitar 2,5-18 cm.

Kelabang umumnya berkembang di tempat – tempat gelap dan lembab, seperti saluran air kamar mandi atau di bawah pot tanaman.

Kelabang bukanlah hewan yang suka menyerang manusia, tetapi hewan – hewan ini dapat menggigit dan menyuntikkan racun mereka ketika mereka merasa terganggu atau terancam. Bagi manusia, gigitan kelabang bisa sangat menyakitkan. Semakin besar ukuran kelabang, semakin menyakitkan rasa sakit gigitan.

Gejala gigitan kelabang

Racun kelabang mengandung berbagai bahan kimia, salah satunya adalah histamin yang dapat memicu reaksi alergi. Racun hewan ini juga mengandung enzim metaloprotease yang dapat merusak jaringan kulit.

Jika seseorang terpapar racun, ia akan mengalami gejala dalam bentuk rasa sakit, kemerahan, dan pembengkakan di bagian tubuh yang digigit.

Gejala yang muncul dapat bertahan selama beberapa jam hingga beberapa hari. Kadang – kadang, seseorang juga dapat mengalami mati rasa atau pembengkakan kelenjar getah bening karena digigit kelabang. Namun, reaksinya diklasifikasikan sebagai jarang.

Selain itu, dalam kasus tertentu, gigitan kelabang juga dapat menyebabkan reaksi alergi atau anafilaksis yang parah. Berikut ini adalah beberapa tanda dan gejala alergi racun kelabang yang penting untuk diketahui:

  • Gatal
  • Demam
  • Mual
  • Membengkak di sekitar bagian tubuh yang digigit
  • Jantung berdebar lebih cepat dari biasanya
  • Sulit bernafas
  • Pembengkakan kelenjar getah bening
  • Tenggorokan bengkak

Anda perlu mendapatkan bantuan medis segera dari dokter jika Anda mengalami gejala di atas setelah digigit Kelabang.

Cara mengobati gigitan kelabang

Gigitan kelabang biasanya tidak berbahaya dan jarang menyebabkan komplikasi kesehatan pada manusia. Jika Anda mendapatkan gigitan kelabang, Anda dapat melakukan perawatan sendiri di rumah untuk meringankan gejala yang muncul, yaitu:

  • Bersihkan area gigitan dengan air mengalir dan sabun kimia lunak untuk mengurangi risiko infeksi
  • Rendam area gigitan dalam air hangat secepat mungkin untuk menghilangkan racun Kelabang
  • Berikan kompres dingin dengan es yang dibungkus kain di area gigitan selama 10 menit untuk mengurangi pembengkakan dan nyeri.
  • Mengambil obat antihistamin dan antiyeri untuk mengurangi rasa sakit, gatal, dan pembengkakan

Jika langkah – langkah di atas tidak efektif untuk mengobati gejala yang muncul atau gejalanya semakin buruk dalam 48 jam, konsultasikan dengan dokter segera untuk mendapatkan pemeriksaan dan perawatan yang tepat. Demikian pula, jika Anda mengalami reaksi alergi yang parah setelah digigit kelabang.

About Bernard Reyn

Check Also

Novel Akibat Pelit Pada Anak Istri PDF karya NawankWulan

Novel Akibat Pelit Pada Anak Istri PDF karya NawankWulan

timesofummah.com - Novel Akibat Pelit Pada Anak Istri PDF karya NawankWulan. Seringkali masalah datang ke pecinta baru atau bahkan pembaca novel yang loyal. Masalah yang kita dengar kehabisan ide. Bagi pembaca yang setia pada fiksi dan mungkin Anda membaca terlalu banyak novel, jadi Anda bingung untuk mengetahui novel mana yang akan Anda baca selanjutnya. Jika [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.