Breaking News

Penyebab Kantong Mata dan Cara Mengatasinya

Penyebab Kantong Mata dan Cara Mengatasinya

timesofummah.com – Penyebab Kantong Mata dan Cara Mengatasinya. Kantong mata umumnya terjadi seiring bertambahnya usia. Meskipun tidak menyebabkan rasa sakit, tetapi kantong mata dapat mengganggu penampilan karena membuat wajah terlihat lelah dan lebih tua.

Kantong mata terjadi karena penumpukan cairan yang disebabkan oleh melemahnya jaringan di sekitar mata, termasuk otot yang mendukung kelopak mata.

Pahami penyebab kantong mata

Salah satu penyebab paling umum dari kantong mata adalah kurang tidur. Ini karena kurang tidur cenderung menyebabkan pembuluh darah di bawah kulit tipis mata melebar dan menciptakan warna gelap. Pembuluh darah yang melebar ini dapat menyebabkan penumpukan cairan di sekitar mata, sehingga kantong mata terbentuk.

Selain kurang tidur, hal – hal yang juga bisa menjadi penyebab kantong mata adalah sebagai berikut:

  • Alergi
    Pada rinitis alergi, peradangan terjadi di hidung karena reaksi alergi. Gejala yang muncul termasuk bersin dan mata berair, dapat disertai dengan munculnya kantong mata dan lingkaran hitam di bawah mata.
  • Penuaan
    Penuaan dapat menyebabkan penampilan kantong mata karena seiring bertambahnya usia, otot dan struktur jaringan di sekitar mata melemah. Kulit juga akan mulai melonggarkan dan cairan akan mulai berkumpul di bagian bawah mata. Selain itu, lemak di sekitar mata juga akan bergerak ke area di sekitar mata sehingga terlihat bengkak atau membentuk kantong mata.
  • Diet
    Kurangnya cairan dan asupan protein rendah tidak hanya dapat mempengaruhi kesehatan, tetapi juga dapat mempengaruhi area di bawah mata Anda.
  • Stress
    Stres dapat menyebabkan jaringan kulit dan tubuh menjadi lemah, ini juga dapat terjadi di jaringan kulit di sekitar mata. Ketika jaringan kulit di sekitar mata melemah, kantong mata dapat terbentuk karena penumpukan cairan.
    Kantong mata dan lingkaran hitam di mata juga bisa disebabkan oleh merokok, mengonsumsi terlalu banyak kafein dan alkohol,

Berbagai cara untuk menangani kantong mata

Munculnya kantong mata dapat dicegah di antara tidur sekitar 8 jam sehari. Anda juga disarankan untuk minum air yang cukup, setidaknya 8 gelas sehari. Hindari makanan dan minuman yang mengandung kafein dan kandungan alkohol tinggi. Jika alergi adalah penyebab kantong mata, maka sejauh mungkin hindari faktor pemicu alergi.

Jika Anda telah melakukan itu dan kantong mata masih ada, mengatasi masalah tas mata dengan melakukan hal -hal berikut.

  • Mata kompres selama 10 hingga 15 menit dengan air dingin. Kompres mata dengan mentimun atau wortel dingin yang telah dilapisi dengan kain, atau kantong teh hijau yang didinginkan juga dapat membantu.
  • Mulailah mempertahankan diet dan asupan nutrisi Anda, asupan vitamin dan mineral yang cukup sehingga kebutuhan nutrisi Anda terpenuhi.
  • Hindari menggunakan garam berlebih dalam makanan Anda. Dengan mengurangi asupan garam, akumulasi cairan dalam tubuh dapat diminimalkan.
  • Beberapa perawatan untuk mengurangi kerutan di wajah dapat membantu mengurangi kantong mata.
  • Prosedur yang dapat dilakukan, seperti suntikan pengisi, pengelupasan wajah, untuk meluncurnya pelapisan laser.
  • Selain pengobatan dari dokter kecantikan, mengurangi kantong mata dapat dilakukan melalui prosedur bedah yang disebut operasi blepharoplasty atau kelopak mata. Prosedur ini biasanya dilakukan selama lebih dari 35 tahun.

About Bernard Reyn

Check Also

5 Pilihan Rumah Sakit Jantung Jakarta dengan Fasilitas Lengkap

5 Pilihan Rumah Sakit Jantung Jakarta dengan Fasilitas Lengkap

timesofummah.com - 5 Pilihan Rumah Sakit Jantung Jakarta dengan Fasilitas Lengkap. Penyakit jantung adalah salah satu masalah kesehatan yang ditakuti di dunia. Tidak hanya itu, pemeliharaan dan penanganan juga perlu dilakukan secara komprehensif di rumah sakit jantung khusus. Gaya hidup yang tidak sehat akan membuat setiap manusia berisiko penyakit jantung. Oleh karena itu, risiko fatal [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.