Breaking News

Sering Diabaikan, Waspada 8 Bahaya Kolesterol Tinggi

timesofummah.com – Sering Diabaikan, Waspada 8 Bahaya Kolesterol Tinggi. Gaya hidup yang tidak sehat sering membuat kadar kolesterol dalam tubuh tidak terkendali. Faktanya, bahaya kolesterol tinggi memiliki potensi untuk memicu munculnya penyakit kronis, yang bahkan memiliki potensi untuk menyebabkan kematian. Apa pun?

Bahaya penyakit kolesterol tinggi dan mengintai

Sering Diabaikan, Waspada 8 Bahaya Kolesterol Tinggi

Kolesterol tinggi adalah suatu kondisi yang terjadi ketika kadar kolesterol total dalam tubuh berada pada 240 mg/dL atau lebih.

Kondisi ini terjadi karena gaya hidup yang tidak sehat, seperti makan sembrono, jarang berolahraga, untuk kebiasaan merokok.

Gaya hidup yang tidak sehat menghasilkan kadar kolesterol yang baik (HDL) berkurang, sedangkan kolesterol buruk (LDL) dan trigliserida meningkat.

Peningkatan kolesterol LDL dan trigliserida dikaitkan dengan akumulasi lemak dalam pembuluh darah atau arteri yang dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Berikut ini adalah sejumlah risiko masalah kesehatan yang merupakan bahaya kolesterol tinggi.

1. Tekanan darah tinggi

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan penumpukan plak di arteri. Akibatnya, jantung dipaksa untuk bekerja lebih keras untuk memompa darah di seluruh tubuh.

Kondisi ini kemudian menyebabkan tekanan darah tinggi (hipertensi). Jika tidak dicentang, hipertensi bisa menjadi pelopor bagi penyakit jantung.

2. Nyeri dada

Kolesterol tinggi dalam tubuh dapat mengganggu suplai darah ke jantung Anda. Penghambatan pasokan darah ini terjadi karena penumpukan kolesterol di arteri koroner jantung atau aterosklerosis.

Dampaknya, Anda memiliki potensi untuk mengalami rasa sakit di dada (angina). Selain angina, beberapa gejala penyakit jantung koroner juga dapat dirasakan karena kondisi ini.

3. Penyakit arteri perifer (penyakit arteri perifer)

Kolesterol tinggi dapat menyebabkan penyumbatan pada arteri perifer. Penyumbatan disebabkan oleh penumpukan plak, yang akhirnya menghambat sirkulasi darah.

Kondisi ini umumnya mempengaruhi pembuluh darah arteri di kaki, tetapi juga dapat mengganggu aliran darah ke perut, ginjal, dan lengan.

Jika Anda tidak mendapatkan pengobatan segera, penyakit kardiovaskular ini memiliki potensi untuk meningkatkan risiko amputasi.

4. Penyakit arteri karotis (penyakit arteri karotis)

Kolesterol tinggi dapat memicu penumpukan plak di arteri karotis. Akibatnya, kondisi ini membuat otak, wajah, leher, kulit, dan kepala kurang dari asupan darah kaya oksigen.

Kondisi ini perlu ditangani segera. Jika diabaikan begitu saja, penghambatan asupan darah memiliki potensi untuk menyebabkan stroke.

5. Stroke

Kolesterol tinggi dapat mengganggu aliran darah ke otak. Seiring waktu, kondisi ini dapat berkembang menjadi stroke jika dibiarkan sendiri.

Stroke terjadi ketika pembuluh darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke otak diblokir atau rusak. Ketika stroke menyerang, satu bagian di otak tidak mendapatkan aliran darah dan oksigen sehingga mulai mati.

6. Penyakit Jantung Koroner

Melaporkan dari Klinik Cleveland, dampak kolesterol tinggi yang cukup umum adalah jantung koroner. Ketika kadar kolesterol terlalu tinggi, lemak dalam darah dapat menumpuk dalam pembuluh darah.

Kondisi ini menyebabkan penyempitan arteri sehingga aliran darah ke jantung terhambat.

Salah satu gejala penyakit jantung koroner adalah angina (nyeri dada) terhadap serangan jantung, yaitu ketika pembuluh darah benar -benar tersumbat dan otot jantung mulai mati.

7. Serangan Jantung

Kolesterol tinggi meningkatkan risiko Anda mengalami serangan jantung. Kondisi ini terjadi ketika aliran darah ke jantung terhambat.

Penghambatan aliran darah dapat dipicu oleh penumpukan plak di arteri karena kolesterol tinggi.

Karena itu, penting bagi Anda untuk menjaga kadar kolesterol dalam tubuh dalam batas normal.

8. Jantung mendadak keren

Henti jantung mendadak adalah suatu kondisi yang terjadi ketika jantung tidak menerima asupan darah yang kaya oksigen.

Kondisi ini membuat jantung berhenti berdetak sehingga darah mengalir ke otak dan organ vital berhenti.

Penghambatan asupan darah ke jantung dapat dipicu oleh berbagai faktor, salah satunya adalah kolesterol tinggi. Kolesterol tinggi menyebabkan penumpukan plak di arteri sehingga mengganggu asupan darah ke jantung.

Jika Anda mengalami gejala penyakit di atas, segera konsultasikan dengan dokter. Penanganan sedini mungkin dapat membantu mencegah kondisi Anda menjadi lebih buruk.

Bagaimana menghindari dampak kolesterol tinggi

Melihat risiko kesehatan yang muncul sebagai bahaya kolesterol tinggi, penting bagi Anda untuk menyimpannya dalam batas normal.

Perlu diingat, indikator batas kolesterol normal maksimum adalah 200 mg/dL. Kolesterol tinggi, terutama melebihi 300 mg/dL, dapat menyebabkan bahaya kesehatan.

Inilah cara mencegah bahaya kolesterol tinggi yang dapat Anda lakukan.

  • Mengelola stres dengan sebaik mungkin.
  • Berhenti merokok.
  • Hindari konsumsi alkohol.
  • Menjaga berat badan tetap ideal agar tidak obesitas.
  • Melakukan pemeriksaan kadar kolesterol secara rutin.
  • Berolahraga secara rutin, setidaknya 30 menit per hari.
  • Pastikan asupan asam lemak omega-3 terpenuhi dengan baik.
  • Hindari konsumsi makanan olahan, gorengan, atau tinggi garam.
  • Konsumsi makanan sehat dengan banyak serat seperti buah, sayur, dan whole grain.

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin memerlukan obat kolesterol agar tetap dalam batas normal. Pastikan Anda minum obat kolesterol sesuai dengan rekomendasi dokter.

Bahaya kolesterol tinggi harus menjadi salah satu kekhawatiran, terutama jika Anda memiliki riwayat keturunan dari kondisi kesehatan ini.

Dengan demikian, pentingnya gaya hidup sehat dan asupan makanan yang sehat dan seimbang perlu menjadi prioritas utama sehingga kadar kolesterol tetap normal.

Kesimpulan

Dampak kolesterol tinggi dapat memicu masalah kesehatan seperti angina, hipertensi, serangan jantung, stroke, sampai jantung berhenti tiba -tiba.
Untuk mencegah hal ini, Anda dapat menerapkan gaya hidup sehat seperti berhenti merokok, makan makanan berserat, berolahraga secara teratur, dan mengelola stres.

About robert fernandez

Check Also

Cara Mengatasi Kulit Kering dan Gatal, Baca ini Sebelum di Garuk

Cara Mengatasi Kulit Kering dan Gatal, Baca ini Sebelum di Garuk

timesofummah.com – Cara Mengatasi Kulit Kering dan Gatal, Baca ini Sebelum di Garuk. Kulit kering …

Leave a Reply

Your email address will not be published.